PENDIDIKAN

Rabu, 20 Mei 2009

Aplikasi Internet


APLIKASI INTERNET UNTUK BISNIS

1.Internet dan E-business
Internet membawa perubahan cukup besar terhadap bisnis dan melahirkan istilah yang disebut e-business. Kotler (2003) mendefinisikan e-business sebagai “penggunaan alat atau platform elektronis untuk melaksanakan bisnis perusahaan”. Secara lebih jelas, O’Brien (2001) mendefinisikan sebagai “penggunaan teknologi-teknologi Internet untuk menghubungkan dan memberdayakan proses bisnis, perdagangan elektronis, dan komunikasi dan kolaborasi di dalam sebuah perusahaan dan dengan para pelanggan, pemasok, dan mitra bisnis yang lain”. Sebagaimana tersirat dalam definisi e-business di depan, e-business mencakup tiga bagian yaitu sistem komunikasi dan kolaborasi, perdagangan elektronis, dan sistem bisnis internal.

a.Sistem Komunikasi dan Kolaborasi
Dalam sistem komunikasi dan kolaborasi perusahaan, para anggota tim kerja dapat melakukan koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi dengan menggunakan teknologi seperti surat elektronis, sistem chat, dan bahkan videokonfrensi.perlu diketahui:
Koordinasi berarti menyelaraskan setiap usaha yang dilakukan masing-masing individu dalam suatu kelompok kerja
Komunikasi berarti berbagi informasi
Kolaborasi berarti bekerja sama dalam melaksanakan suatu tugas atau proyek
b.Sistem Bisnis Internal
Sistem bisnis internal digunakan untuk melayani proses atau bisnis secara internal. Dengan menggunakan sistem seperti ini, seorang manajer yang sedang bepergian dapat mengakses basis data perusahaan yang terdapat pada server dengan mudah. Beberapa hal yang bisa ditangani melalui sistem bisnis internal adalah sebagai berikut:
Pemrosesan transaksi secara internal: misalnya pesanan penjualan dapat dimasukkan oleh pemasar dari jarak jauh.
Portal perusahaan, yaitu sarana informasi berbasis web yang ditunjukkan secara khusus untuk pegawai perusahaan yang bersangkutan.
Pemantauan aktivitas dalam perusahaan
Pengendalian proses
Sistem pendukung manajemen
c.Sistem perdagangan Elektronis
Perdagangan elektronis atau e-commerce adalah segala bentuk kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa, dan informasi yang dilakukan secara elektronis. Domain e-commerce berupa B2B, B2C, C2B, C2C
i.B2B (Business to Business)
B2B menyatakan bentuk jual beli produk atau jasa yang melibatkan dua atau beberapa perusahaan dan dilakukan secara elektronis. Kebanyakan traksasi dilakukan secara langsung antara dua sistem, dan model seperti ini sudah banyak diterapkan.
Keuntungan B2B:
Mempercepat transaksi antara penjual dan pembeli
Menurunkan biaya transaksi kedua belah pihak
Menciptakan pasar baru tanpa dibatasi oleh wilayah geografis
Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antara penjual dan pembeli
ii.B2C (Business to Constumer)
B2C adalah bentuk jual-beli produk yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis. B2C banyak diminati oleh pemakai Internet karena pembelian produk dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu umumnya harga produk lebih murah dan konsumen bisa membayar dengan kartu seperti Master Card dan Visa Card.
iii.C2C (Constumer to Constumer)
C2C atau yang biasa disebut Person to person, menyatakan model perdagangan yang terjadi antara konsumen dengan konsumen yang dilakukan secara elektronis.
iv.C2B (Constumer to Business)
Beberapa situs telah berinisialisasi untuk mendukung bisnis yang berbasiskan konsumen to pebisnis. Ini memungkinkan seseorang menjual sesuatu kepada perusahaan.

2.Intranet dan Extranet
Intranet adalah jaringan komputer dalam sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi internet, sehingga terbentuk lingkungan yang seperti internet tetapi bersifat privat bagi perusahaan yang besangkutan.
Kadangkala Intranet juga dihubungkan ke jaringan Internet, dengan dilengkapi firewall. Firewall pada dasarnya adalah suatu metode yang menempatkan suatu piranti (sebuah komputer) atau sebuah router diantara jaringan dan Internet untuk mengontrol dan memantau seluruh lalu lintas antara dunia luar dan jaringan lokal. Dengan cara seperti ini, akses oleh orang dari luar perusahaan dapat ditolak, tetapi pemakai di dalam perusahaan tetap bisa mengakses Internet.
Ekstranet adalah jaringan privat yang menggunakan teknologi Internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membentuk hubungan yang aman antara pemasok, vendor, mitra kerja, pelanggan dan pihak bisnis lainnya dalam rangka mendukung operasi bisnis atau pengaksesan informasi bisnis.
Ekstranet dapat dipandang sebagai sebuah Intranet yang dapat diakses melalui pemakai yang berada di luar perusahaan. Dalam implementasinya, Ekstranet dapat menggunakan hubungan internal yang aman antara kedua belah pihak yang akan berkomunikasi (melalui virtual private network) ataupun melalui jaringan Internet yang tak aman tetapi dilengkapi dengan enkripsi data.
Extranet dapat digunakan untuk melakukan hal-hal berikut:
Pertukaran data dengan volume besar menggunakan EDI (Electronic Data Interchange)
Berbagi katalog produk dengan pedagang
Kerjasama dengan perusahaan lain dalam usaha pengembangan patungan
Menyediakan layanan oleh sebuah perusahaan terhadap sejumlah perusahaan dalam grupnya.
Berbagi informasi yang ditujukan secara khusus untuk perusahaan-perusahaan mitra kerja.

3.Nilai Bisnis Internet
Dewasa ini banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan situs-situs perdagangan elektronis. Berbagai alasan yang mendasari antara lain:
Menghasilkan pendapatan baru melalui penjualan on-line
Memperkecil biaya melalui penjualan dan dukungan pelanggan secara on-line
Menarik pelanggan baru melalui pemasaran dan iklan web dan penjualan secara on-line
Meningkatkan loyalitas pelanggan lama melalui peningkatan layanan dan dukungan Web.
Mengembangkan pemasaran dan saluran distribusi yang baru yang berbasis Web untuk produk-produk sekarang
Membuat produk-produk baru agar segera bisa diakses melalui Web.

Sebagai contoh, Gramedia (www.gramedia.co.id) mendukung pembelian buku secara on-line untuk meningkatkan penjualan selain melalui toko-toko konvensionalnya.

4.Organisasi Virtual
Dukungan Internet untuk bisnis akhirnya melahirkan organisasi yang dikenal dengan sebutan organisasi virtual (virtual organization). Yang dimaksud dengan organisasi virtual adalah suatu jaringan komunikasi yang independen yang dihubungkan melalui teknologi informasi dengan tujuan untuk mengeksploitasi peluang pasar dengan berbagai keterampilan, biaya, dan akses pasar. Organisasi seperti ini biasa beroperasi berdasarkan proyek, namun ada juga yang beroperasi secara permanen. Umumnya, organisasi seperti ini memiliki sedikit sekali pegawai tetap dan administrasi secukupnya saja. Ketika terdapat proyek baru, organisasi akan menghimpun sumber daya dari organisasi-organisasi mitra kerja.
Global Research Consortium (GRC) (www.worldvest.com) merupakan contoh organisasi visual. Perusahaan ini menawarkan layanan penelitian dan konsultasi kepada perusahaan-perusahaan yang berbisnis di asia dengan hanya memiliki tiga pegawai tetap. Ketika ada proyek baru, organisasi ini akan melakukan subkontrak pekerjaan ke beberapa konsultan dan peneliti independen yang telah memiliki hubungan dengannya.

5.E-intermediary
E-commerce melahirkan pula perantara yang berbasis internet dan dikenal dengan sebutan E-intermediary. E-intermediary adalah para anggota saluran distribusi internet yang melakukan salah satu atau dua fungsi berikut:
Mereka mengumpulkan informasi tentang para penjual dan menyajikannya dalam bentuk yang praktis kepada para konsumen
Mereka membantu menyalurkan produk-produk internet ke konsumen
Tiga macam e-intermediary yang terkenal saat ini yaitu penjual bersindikat (syndicated seller), agen pembelanjaan ( shopping agent), dan makelar bisnis ke bisnis (business to business broker).
i.Penjual bersindikat
Penjual bersindikat adalah sebuah situs Web yang menawarkan hubungan dengan konsumen ke situs-situs Web lain dan atas jasa ini Web yang menghubungkan ke Web lain akan mendapatkan komisi. Hubungan dibentuk melalui iklan yang dipampangkan dalam halaman Web. Konsumen akan dihubungkan ke Web yang bersangkutan sekiranya mengklik gambar iklan tersebut. Sebagai contoh, banyak situs yang menayangkan iklan dari toko buku online amazon.com
ii.Agen pembelanjaan
Agen pembelanjaan (dikenal dengan sebutan e-agent) merupakan suatu situs Web yang membantu para konsumen dengan memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan konsumen dalam rangka membuat keputusan pembelian. Perantara seperti ini umumnya tidak memiliki produk. Yang menjadi fokus perantara ini adalah menyediakan informasi dari sejumlah situs web yang lain yang menjual produk yang dicari konsumen. Sebagai contoh, PriceSCAN merupakan e-agent terkenal untuk mencari informasi tentang komputer dan berbagai bentuk lain dengan harga.
iii.Makelar bisnis ke bisnis
Seperti halnya e-agent, makelar bisnis ke bisnis tidak memiliki produk. Perantara ini menyediakan sarana komunikasi antarpebisnis. Sebagai contoh, edfex menyediakan informasi yang sangat baru tentang produk dan harga yang berasal dari para pemasok dan pembeli.



6.M-commerce dan teknologi WAP
M-commerce (mobile commerce) dikenal sebagai generasi berikutnya dari e-commerce. M-commerce adalah bentuk penjualan dan pembelian produk yang dilakukan melalui peranti seperti telepon selular atau PDA. Dengan menggunakan peralatan ini, pemakai dapat mengakses Internet tanpa memerlukan PC.
Teknologi yang mendasari M-commerce adalah WAP (Wireless Application Protocol). WAP diperkenalkan oleh industri-industri yang tergabung dalam WAP forum untuk menghubungkan klien yang mempergunakan peranti nirkabel (tanpa kabel) dengan Internet. Dengan adanya WAP, kebutuhan-kebutuhan khusus atas jaringan nirkabel yang memungkinkan pelaku komunikasi dapat bergerak bebas menjadi terpenuhi.
Prinsip komunikasi WAP dapat dilihat pada gambar dibawah. Klien WAP berkomunikasi dengan gateway WAP dengan mengirimkan permintaan WAP dalam format WAP. Permintaan WAP tersebut kemudian ditranslasikan menjadi format HTTP, yang kemudian dikirimkan ke server HTTP. Hal ini memungkinkan klien WAP mengirim permintaan-permintaanke server Web.
Gateway WAP menyampaikan permintaan dari klien (permintaan WAP) dalam bentuk WML(sebagai penerima HTTP). WML(wireless Markup language) adalah bahasa semacam HTML yang lebih sederhana dan terdefinisisecara lebih baik.





Read More.. Read More......

Kamis, 14 Mei 2009

STRUKTUR DATA


SINGLY LINKED LIST

1. Pengertian
Bekerja dengan data yang besar tidak dapat kita hindari. Dan tidak jarang pula, data besar tersebut memiliki hubungan yang erat. Sebagai contoh, kita akan bekerja dengan file yang menyimpan sangat banyak record, di mana setiap record juga memiliki banyak field. Tugas kita tidak hanya sekadar menampilkan setiap record-nya, melainkan harus pula menambahkan record, menghapus beberapa record sesuai keinginan user, sampai mengurutkan record! Kondisi tersebut mengharuskan kita memiliki satu rantai data yang panjang dan saling berhubungan. Rantai data tersebut harus mampu menampung semua data yang kita miliki. Penggunaan array saja jelas tidak bisa, karena kita bekerja dengan barisan data heterogen. Kita perlu menggunakan union ataupun struct. Namun, kita juga tidak dapat semena-mena menggunakan array of struct dalam jumlah besar. Karena lokasi penampungan memory untuk alokasi konvensional tidak akan mempu mencukupi kebutuhan memory kita. Selain itu, kita mungkin akan melakukan alokasi dan dealokasi beberapa kali di dalam program untuk mengoptimasi penggunaan memory. Solusi yang lebih baik adalah menggunakan linked list, baik singly (single) linked list ataupun doubly (double) linked list. Tetapi pada makalah ini yang dibahas adalah singly (single) linked list.
Nude merupakan komponen-komponen yang membentuk hubungan seperti rantai dengan bantuan pointer. Atau bisa juga dikatakan sebagai beberapa obyek yang saling terhubung dan membentuk linked list. Setiap node terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian data dan bagian penyambung. Bagian data berisi data yang akan disimpan dan diolah. Sedangkan bagian penyambung berisi alamat simpul berikutnya.
Linked adalah koleksi obyek heterogen dengan sifat setiap obyek (kecuali obyek terakhir) mempunyai penerus dan setiap obyek (kecuali obyek pertama) mempunyai pendahulu. Salah satu penggunaan pointer adalah untuk membuat linked list atau senarai berantai. Linked list sendiri dapat diartikan sebagai sekumpulan komponen yang saling berhubungan (berantai) dengan bantuan pointer.
Secara teori, linked list adalah sejumlah node yang dihubungkan secara linier dengan bantuan pointer. Dikatakan singly (single) linked apabila hanya ada satu pointer yang menghubungkan setiap node. Setiap node akan berbentuk struct dan memiliki satu buah field bertipe struct yang sama, yang berfungsi sebagai pointer. Dalam menghubungkan setiap node, kita dapat menggunakan cara first-create-firstaccess ataupun first-create-last-access.


2. Pembahasan
Single linked list atau biasa disebut linked list terdiri dari elemen-elemen individu, dimana masing-masing individu akan saling terhubung. Masing-masing elemen terdiri dari dua bagian, yaitu bagian data atau informasi yang disimpan dan bagian lainnya sebagai penghubung dengan elemen selanjutnya.
Untuk mengakses elemen dalam linked list, dimulai dari instance head dan menggunakan instance nextNode dari elemen selanjutnya untuk berpindah dari elemen ke elemen berikutnya sampai elemen yang diminta dicapai. Dengan single linked list, list dapat dilintasi hanya satu arah dari head ke tail karena masing-masing elemen tidak terdapat link dengan elemen sebelumnya. Sehingga, apabila kita mulai dari head dan berpindah ke beberapa elemen dan berharap dapat mengakses elemen sebelumnya, kita harus mulai dari head.
Asumsikan kita memiliki sejumlah node yang selalu menoleh ke sebelah dalam arah yang sama. Atau, sebagai alat bantu, Anda bisa mengasumsikan beberapa orang yang bermain kereta api. Yang belakang akan memegang yang depan, dan semuanya menghadap arah yang sama. Setiap pemain adalah node. Dan tangan pemain yang digunakan untuk memegang bahu pemain depan adalah variabel next. Sampai di sini, kita baru saja mendeklarasikan tipe data dasar sebuah node. Selanjutnya, kita akan mendeklarasikan beberapa variabel pointer bertipe struct tnode. Beberapa variabel tersebut akan kita gunakan sebagai awal dari linked list, node aktif dalam linked list, dan node sementara yang kita gunakan dalam pembuatan node di linked list. Berikan nilai awal NULL kepada mereka. Berikan deklarasi seperti berikut ini:
struct tnode *head=NULL, *curr=NULL,
*node=NULL;

Dengan demikian, sampai saat ini, kita telah memiliki tiga node. Satu sebagai kepala (head), satu sebagai node aktif dalam linked list (curr) dan satu lagi node sementara (node). Kita telah siap untuk membuat singly linked list. Untuk itu, kita akan memasukkan nilai tertentu sebagai nilai untuk field x dengan cara melakukan perulangan sehingga campur tangan user tidak diperlukan. Seperti yang dikemukakan sebelumnya, kita akan membuat singly linked list dengan cara first-create-first-access. Dengan cara ini, node yang dibuat pertama akan menjadi head. Node-node yang dibuat setelahnya akan menjadi node-node pengikut. Untuk mempermudah pengingatan, ingatlah gambar anak panah yang mengarah ke kanan. Head akan berada pada pangkal anak panah, dan node-node berikutnya akan berbaris ke arah bagian anak panah yang tajam.
[head]->[node1]->[node2]->[node3]...
[noden]->NULL

Apabila kita perhatikan, setiap node memiliki petunjuk untuk node sebelahnya. Bagaimana dengan node terakhir? Kita berikan nilai NULL. Dengan demikian, setiap node kebagian jatah.
Sebagai contoh perhatikan ilustrasi berikut untuk lebih jelasnya:

Single Linked List merupakan jenis Linked List yang hanya menggunakan satu variabel pointer untuk menyimpan banyak data.


Double Linked List Merupakan linked list yang tiap-tiap nodenya menyimpan node sebelumnya dan node yang selanjutnya, atau biasa disebut dengan linked list berpointer ganda.
Circular Linked adalah linked list yang node awalnya menunjuk ke node akhir dan node akhirnya menunjuk ke node awal. Sehingga membentuk link list tersebut membentuk suatu siklus seperti lingkaran.

Read More.. Read More......

KHUSUS ANDHI

thank's buat andhi setiawan PTI UM

kamu tuch bener-bener cakep SUMPAH

Read More.. Read More......